ERUASIANA

A Novel by AY

Book Cover: ERUASIANA

SINOPSIS

Eruasiana, sebuah kerajaan yang sudah berdiri hingga abad 30 itu, menjadi saksi bisu cinta seorang pelayan pribadi dan Putra Mahkota Eruasiana, Adelio Reynand Achilles. Liliana Berly, seorang pelayan pribadi Putra Mahkota yang dipilih melalui sebuah sayembara itu melalui banyak ujian dalam memperjuangkan cintanya. Putra Mahkota Lio yang sudah memiliki kekasih dari Kerajaan Goziana itu, tak jua mematahkan harapan Liliana untuk bersanding dengan lelaki pujaan. Adelio adalah seorang yang pemarah dan manja itu lah alasan Liliana memanggilnya si anak manja.

Zaman itu, dunia sudah berbeda jauh. Mars dan Bulan tak ada bedanya dengan Bumi—sama-sama dapat dihuni oleh manusia. Bulan dikuasai oleh kerajaan Snow, yang memiliki Putri bernama Alicia Rizuka. Putri yang terlalu berambisi mendapatkan sebuah batu kristal yang belum tentu adanya itu, membuat rakyat jelata menderita karena mereka diperintah untuk mengebor tanah Bulan demi sebongkah batu.

Perjalanan cinta Liliana Berly diuji dengan tertembaknya Adelio saat berkunjung ke kerajaan Snow. Belum lagi cinta Adelio yang semakin menjadi-jadi terhadap Lussy, kekasihnya. Namun ternyata Lussy melakukan penghianatan besar. Selama ini, ternyata ia tak menyukai Adelio. Bahkan, ia akan melangsungkan upacara pertunangan dengan Aharon Agler, Putra Mahkota Goziana.

Adik Putra Mahkota Aharon Agler—Ilvia Agler, meminta bantuan kepada Liliana untuk memecahkan misteri terbunuhnya mantan kekasih Aharon yaitu Jessica Hazo, seorang pelayan pribadi Aharon. Liliana dibantu oleh David—seorang pengawal pribadi Adelio sekaligus sahabat Liliana, mencoba memecahkan misteri tersebut. David pernah memecahkan misteri terbunuhnay seorang pemilik stand di sebuah pusat perbelanjaan. Kejeniusannya itu menjadikannya sebagai seorang yang cukup dikenal.

Misteri terungkap dengan ditangkapnya Lussy, sebagai pelaku pembunuhan satu tahun yang lalu itu. Upacara pertunangannya batal total karena David, Liliana, dan Putri Ilvi yang tiba-tiba membawa empat Polisi ke dalam aula. Aharon tak terlalu memusingkan hal itu, karena ia sudah menduga kalau orang terdekatnya lah yang melakukan pebunuhan keji itu.

Perjuangan cinta Liliana makin diuji dengan diadakannya sayembara pendamping hidup Adelio Reynand. Ada enam Putri bangsawan yang terpilih, mereka adalah Putri Ilvia Agler dari Goziana, Putri Dominica Alecia dari kerajaan Aqua di Mars, Putri Alicia Rizuka dari kerajaan Snow di Bulan, Nona Ariel Meshach seorang Putri Hakim Agung Eruasiana, Nona Alexandria seorang Putri dari Kepala Pengawal kerajaan Goziana, dan Nona Fay Azura seorang Putri Hakim Agung kerajaan Aqua di Mars.

Namun, Putri Dominica dan Nona Fay ternyata memiliki niatan keji. Mereka ingin menghancurkan siapa pun yang menghalangi Dominica menjadi pendamping Adelio. Hal itu membuat nyawa Liliana terancam. David yang mencintai Liliana, selalu melindungi gadis itu dari apa pun hingga membuatnya menjadi korabn penembakan yang dilakukan oleh pihak Dominica. Untuk mencegh hal itu terulang, Adelio dengan titahnya yang mutlak, memerintah David dan Liliana untuk melangsungkan pertunangan. David setuju, namun Liliana yang mencintai Adelio mau tak mau juga harus setuju.  Mereka pun melangsungkan pertunangan.

Sayembara pemilihan pendamping Adelio dimenangkan oleh Putri Ilvi, sahabt Liliana sendiri. Kini, Adelio dan Putri Ilvi sudah menjalin hidup bersama dan memiliki seorang putra, sedangkan Liliana dan David, mereka juga menikah dan hidup bahagia.

Published:
Publisher: Devki Media
Genres: